Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Runtunan

Sebuah runtunan terdiri dari satu atau lebih pernyataan, setiap pernyataan ditulis dalam satu baris atau dipisahkan dengan tanda titik koma. Tiap pernyataan dikerjakan secara berurutan (sekuensial) sesuai dengan urutannya di dalam teks algoritma, yaitu sebuah instruksi yang dilaksanakan setelah instruksi sebelumnya selesai dilaksanakan. Urutan instruksi menentukan keadaan akhir algoritma. Bila urutannya diubah, maka hasil akhirnya mungkin juga berubah. Runtunan satu atau lebih pernyataan dinamakan pernyataan-gabungan (compound statements).
 
Runtunan atau berurutan adalah struktur algoritma paling dasar yang berisi rangkaian instruksi yang diproses secara sekuensial, satu per satu, mulai dari instruksi pertama sampai instruksi terakhir.

Algoritma merupakan runtunan (sequence) satu atau lebih instruksi, yang berarti bahwa (Goldshiager dan Lister, 1988):
  1. Tiap instruksi dikerjakan satu per satu;
  2. Tiap instruksi dilaksanakan tepat sekali; tidak ada instruksi yang diulang;
  3. Urutan instruksi yang dilaksanakan pemroses sama dengan urutan instruksi sebagaimana yang tertulis di dalam teks algoritmanya;
  4. Akhir dari instruksi terakhir merupakan akhir algoritma.
Setiap instruksi di dalam runtunan ditulis dalam satu baris, atau beberapa instruksi dalam baris yang sama tetapi antara setiap instruksi dipisahkan dentan tanda titik koma (;).