Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tipe Bentukan

Tipe Bentukan


Tipe bentukan adalah tipe yang didefinisikan sendiri oleh pemrogram (user defined type data). Tipe bentukan disusun oleh satu atau lebih tipe dasar.

Ada dua macam tipe bentukan
  • Tipe Dasar yang Diberi Nama dengan Nama Tipe Baru,
  • Tipe Terstruktur

Tipe Dasar yang Diberi Nama Tipe Baru

Kadang-kadang pemrogram ingin memberi nama baru terhadap tipe dasar yang sudah dikenal. Alasan pemberian nama baru mungkin agar nama baru tersebut lebih "akrab" dan lebih mudah diinterpretasi oleh yang membaca teks algoritma.
 
Kita dapat memberi nama baru untuk tipe dasar tersebut dengan kata kunci type. Ranah nilai, cara menulis konstanta, dan operasi-operasi terhadap tipe baru tersebut tidak berubah, tetap sama dengan tipe dasar aslinya.  Contoh : type BilanganBulat : integer

Bilangan Bulat adalah tipe bilangan bulat yang sama saja dengan tipe integer. Apabila kita mempunyai sebuah peubah (variable) yang bernama p dan bertipe BilanganBulat, peubah p tersebut sama saja bertipe integer.


Tipe Terstruktur

Tipe terstruktur adalah tipe yang berbentuk rekaman (record). Rekaman disusun oleh satu atau lebih field. Tiap field menyimpan data dari tipe dasar tertentu atau dari tipe bentukan lain yang sudah didefinisikan sebelumnya. Nama rekaman ditentukan sendiri oleh pemrogram.