Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menulis Algoritma

Ada tiga cara penulisan Algoritma yaitu:

 

Structured English (SE)

SE merupakan cara yang cukup baik untuk menggambarkan algoritma. Dasar dari SE adalah Bahasa Inggris, tapi kita bisa juga merubah kedalam Bahasa Indonesia atau Structured Indonesian (SI).

Contoh penulisan SI.

Menghitung Luas Segitiga:

  1. Mulai
  2. baca data alas dan tinggi
  3. periksa data alas dan tinggi, jika nilai data alas dan tinggi lebih besar dari nol, maka lanjutkan ke langkah ke-4 dan jika tidak maka Selesai.
  4. Luas adalah alas kali tinggi kali 0.5
  5. Tampilkan Luas
  6. Selesai

 

Pseudocode.

Pseudocode mirip dengan SE. Karena mirip seringkali dianggap sama.  Pseudo berarti tiruan atau menyerupai, sedangkan code menunjuk pada bahasa pemrograman. Sehingga pseudocode adalah kode yang mirip dengan instruksi kode program sebenarnya. Pseudocode didasarkan pada bahasa pemrograman yang sesungguhnya seperti BASIC, FORTRAN, dan PASCAL. Pseudocode yang berbasis bahasa pemrograman PASCAL merupakan pseudocode yang sering digunakan, bahkan seringkali disebut sebagai PASCAL mirip dengan Algoritma.

Contoh Pseudocode (bahasa PASCAL).

  1. Start
  2. READ alas, tinggi
  3. Luas = 0.5 * alas *tinggi
  4. PRINT Luas
  5. Stop

 

Flowchart.

Flowchart atau bagan alir adalah skema/bagian (chart) yang menunjukkan aliran (flow) di dalam suatu program secara logika. Flowchart merupakan alat yang banyak digunakan untuk menggambarkan algoritma dalam bentuk simbol-simbol tertentu.

Program Flowchart dapat terdiri dari dua macam yaitu bagan alir logika program (program logic flowchart) dan bagan alir program komputer terinci (detailed computer program flowchart). Bagan alir logika program digunakan untuk menggambarkan tiap-tiap langkah dalam program komputer secara logika dan biasanya disiapkan oleh seorang sistem analis. Sedangkan bagan alir program komputer terinci digunakan untuk menggambarkan instruksi-instruksi program komputer secara terinci dan biasanya disiapkan oleh seorang programmer.

 


 

 



Result Size: 625 x 497 ​ ​ ​