Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tipe Data - Operator - Identifier

Tipe Data

Tipe data pada sebuah objek merupakan himpunan nilai yang dapat dimilikinya dan operasi yang didapat dilakukan pada objek tersebut. Nilai-nilai yang dicakup oleh tipe data tersebut dinyatakan dalam ranah (domain) nilai. Objek data dasar yang dimanimpulasi di dalam program dapat berupa peubah(variable) dan kontanta (contant).

  • Tipe Data Sederhana
    • Karakter: Menyimpan sebuah karakter (huruf, digit atau simbol lain) dan ditulis diantara tanda petik. Contoh: 'a', '1', '+'.
    • Logika (Boolean): Mempunyai 2 buah nilai TRUE dan FALSE.
    • Integer: Menyimpan data numerik yang berupa deretan angka yang tidak mempunyai titik desimal, bilangan bulat positif dan negatif.
    • Real (Floating Point): Menyimpan data numerik berupa bilangan yang mempunyai sebuat titik desimal. Bilangan real dapat direpresentasikan dengan cara floating point yaitu dengan bantuan karakter eksponen (E).
    • Enumerasi: Merupakan tipe data yang didefinisikan oleh pembuat program. Contoh: TYPE warna=(merah, kuning, hijau).
  • Tipe Data Bentukan: Tipe yang berbentuk record yang disusun oleh satu atau lebih field. Tiap field menyimpan tipe dasar tertentu atau dari tipe bentukan lain yang sudah didefinisikan sebelumnya, String(kumpulan dari beberapa karakter), Array(Larik), Record(Rekaman), Pointer(Penunjuk Alamat), File(Arsip).


Operator.

Notasi yang dipakai untuk melaksanakan suatu operasi terhadap data dan identifier (operand).
  • Operator Aritmatika.
    • +
    • -
    • *
    • /
    • MOD
  • Operator Pembanding. Merupakan operator logika dan digunakan untuk membandingkan dua nilai atau operan.
    • > lebih besar
    • < lebih kecil
    • >= lebih besar sama dengan
    • <= lebih kecil sama dengan
    • <> tidak sama dengan
    • != tidak sama dengan
    • == apakah sama dengan
    • := sama dengan
  • Operator Logika.
    • and
    • or
    • xor
    • ! (simbol NOT)
    • && (simbol AND)
    • || (simbol OR)
  • Operator Penugasan (Assignment)
    • +=
    • =
    • *=
    • /=
    • %=

 

Identifier.

  • Nama Tipe (di bagian deklarasi Type)
  • Tempat penyimpanan suatu data:
    • Variabel jika isinya dapat berubah dalam kisaran tertentu
    • Konstanta jika isinya selalu tetap
    • File, penyimpanan data di storage, dan sifatnya menetap
  • Fungsi dan Prosedur
  • Judul Algoritma

 

Aturan Identifier.

  1. Identifier harus dimulai dengan huruf lalu dapat diikuti oleh huruf, angka, atau garis bawah
  2. Identifier tidak boleh mengandung spasi, tanda baca, operator aritmateika, operator relasional, operatori logika dan karakter khusus lainnya.
  3. Identifier mengenal perbedaan antara huruf kecil dan huruf besar sehingga identifier NILAI, nilai, serta Nilai merupakan identifier yang berbeda.
  4. Identifier tidak boleh menggunakan reserved words (IF, ELSE, SWITCH, CASE, AND, OR, NOT, WHILE, DO, UNTIL, STEP, TO, BY, READ, TRUE, FALSE, INTEGER, REAL, CHAR, STRING, FUNGSI, PROSEDUR, RETURN, FILE, HALT)
  5. Jumlah karakter dalam identifier tidak dibatasi, tetapi harus merupakan kata.