Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prosedur dan Fungsi Algoritma

Prosedur - Procedure

Prosedur adalah modul program yang mengerjakan tugas atau aktivitas yang spesifik dan menghasilkan suatu efek netto. Suatu efek netto diketahui dengan membandingkan keadaan awal dan keadaan akhir pada pelaksanaan prosedur. Oleh karena tiu, pada prosedur kita harus mendefinisikan keadaan awal sebelum rangkaian instruksi di dalam prosedur dilaksanakan dan keadaan akhir yang diharapkan.

Pada dasarnya, struktur prosedur sama dengan struktur algoritma yang sudah dikenal, yaitu bagian judul yang terdiri atas nama prosedur dan komentar yang menjelaskan spesifikasi prosedur tersebut, bagian deklarasi dan badan prosedur. Setiap prosedur memiliki nama yang unik. Nama prosedur sebaiknya diawali dengan kata kerja karena prosedure berisi suatu aktivitas, misalnya HitungLuas, Tukar, CariNilaiTerbesar, Inisialisasi, dan AktivitasMenu.

 

Contoh Prosedur.

Procedure HitungLuasSegitiga
{menghitung luas segitiga dengan rumus L=(alas x tinggi)/2}
{K.Awal : sembarang}
{K.Akhir : L berisi luas segitiga. Nilai L dicetak ke piranti keluaran} 
 

Deklarasi
Alas, Tinggi, Luas : real

Deskripsi
Read (alas, tinggi)
Luas <-(alas*tinggi)/2
Write (L)


Pemanggilan Prosedur.


Algoritma LuasSegitiga
{program utama untuk menghitung luas segitiga} 
 
Deklarasi
Procedure HitungLuasSegitiga
{menghitung luas segitiga dengan rumus L=(alas x tinggi)/2}


Deskripsi
Write("Menghitung Luas Segitiga")
HitungLuasSegitiga
Write ("Selesai")

 

 

Fungsi - Function

Definisi fungsi sama dengan prosedur. Perbedaannya pada fungsi ada pengembalian nilai, sehingga pada saat pemanggilan, fungsi dapat langsung digunakan untuk mengisikan sebuah ekspresi.

 

Contoh Fungsi

Function Kali(x,y:integer) : longint;
 

Var
Hasil:longint;
 

Begin
    Hasil:=x*y;
    Kali :=Hasil;
End.

 

Pemanggilan Fungsi

Fungsi diakses dengan cara memanggil nama fungsi dari program pemanggil, diikuti dengan daftar parameter aktual (optional). Oleh karena fungsi menghasilkan sebuah nilai maka pada saat pemanggilannya juga dapat ditampung ke dalam suatu variabel.

Var
A:longint;
 

Begin
    {memanggil fungsi Kali dan menyimpan nilainya ke dalam variabel A}
    A:=Kali(10,5);
    ...
End.


Parameter

Parameter merupakan suatu nilai atau referensi yang dilewatkan ke dalam rutin tertentu dan kehadirannya akan mempengaruhi proses maupun nilai yang terdapat di dalam rutin itu sendiri. 

Parameter ditempatkan di dalam tanda kurung setelah nama rutin bersangkutan. Suatu fungsi umumnya mempunyai paramater. Namun bisa saja suatu fungsi tidak memiliki parameter.

Setiap parameter yang dilewatkan harus memiliki tipe data tersendiri yang dapat berupa dari tipe dasar maupun bentukan seperti array, record atau pointer.

f(x) = 2x2 +5x-3
Bila x=1, maka f akan mengembalikan nilai 4, yang berasal dari
f(1)=2(1)2 + 5(1) - 3 = 2 + 5 - 3 = 4

x adalah parameter dari fungsi f.


Contoh program Prosedur dan Fungsi


 

Tugas : Buatlah contoh program Prosedur dan Fungsi minimal 2 Program Prosedur dan 2 Program Fungsi, rekam saat pembuatan program nya dengan ScreenRecording dan hasilnya di upload ke channel YouTube masing-masing, kirimkan link video YouTube di kolom Komentar.